Tips Agar Tetap Rajin Ngeblog Walau Sibuk

CB Blogger | January 09, 2020

Tips Agar Tetap Rajin Ngeblog Walau Sibuk
Menjadi seorang blogger saat ini tidak hanya sekadar hobi, namun bisa juga dijadikan sebagai profesi. 

Bagi Anda yang suka menulis hal-hal terkait smartphone dan teknologi misalnya, passion tersebut kini bisa Anda salurkan dalam bentuk konten berita, review, atau teaser yang mengupas tentang kehadiran berbaga produk masa kini.

Dengan cara tersebut, selain tulisan Anda bakal banyak dicari oleh para peminat teknologi, nantinya tulisan Anda juga berpotensi untuk dimuat di media massa atau bahkan diberikan endorsment berupa barang dan uang dari pabrikan yang merasa dibantu dalam hal promosi.

Terlepas dari contoh di atas, saya yakin saat ini ada banyak kisah inspiratif lain dari para blogger professional dari dalam negeri. Namun, sayangnya menjadi seorang blogger yang tetap produktif dan kreatif dalam menulis itu tidaklah mudah terutama bagi part-time blogger yang sehari-hari masih bergelut dengan urusan pekerjaan.

Nah, agar membantu Anda tetap produktif dan terlihat rajin ngeblog meskipun sedang sibuk, berikut ini sudah kami rangkum 6 tips ampuh yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini. Berikut selengkapnya.

Tips Rajin Ngeblog

1. Selalu Ingat Tujuan Awal Membangun BlogStart

Tips pertama yang cukup ampuh dalam memberikan sugesti menulis adalah dengan cara mengingat tujuan awal membangun blog. Setiap blogger baik yang sudah professional maupun newbie pasti memiliki alasan khusus yang menjadi awal mula menekuni aktivitas ini.

Sebagian blogger ada yang memulai ngeblog untuk menyalurkan hobi, mencari tambahan rejeki, atau sekadar keinginan untuk berbagi. Nah, ingatlah tujuan Anda sendiri agar tetap semangat update postingan walaupun konsisi sedang sibuk sekalipun.

2. Meluangkan Waktu Khusus (Deadline)

Meski dalam kondisi sibuk di pekerjaan,sebenarnya Anda bisa menyisihkan waktu khusus selama 1-2 jam untuk sekadar menulis artikel postingan. Misalnya, bagi karyawan yang memiliki jam kantor Senin-Jumat, Anda bisa meluangkan waktu di hari Sabtu atau Minggu untuk mencurahkan ide tulisan.

Biasanya, saya sendiri meluangkan waktu menulis disaat hari Sabtu. Waktu satu hari tentu sudah slebih dari cukup untuk membuat beberapa tulisan menarik sesuai ide yang sudah kita kumpulkan dalam limahari sebelumnya.

3. Tips Rajin Ngeblog: Mencatat Ide Sekecil Apa Pun

Pernahkah Anda mendengar istilah “Tulislah ide sekecil apapun, meski tidak berguna sekarang tapi pasti akan berguna dimasa yang akan datang”. Seringkali ide muncul dalam kondisi tidak terduga seperti ketika sedang berada di jalan, sedang menunggu antrian makanan, atau ketika sedang melamun di waktu senggang.

Agar ide tersebut tidak menghilang dan terlupakan, sebaiknya Anda catat ideide tersebut kedalam notepad atau catatan khusus yang mudah diakses. Penulis professional seperti Raditya Dika atau musisi sekaliber Ariel Noah juga memberikan tips ini dalam menulis lisrik lagu. Maka tidak heran mereka selalu produktif berkarya meski sudah puluhan tahun menjalani karir sebagai public figur ternama.

4. Niatkan Menulis Untuk Berbagi

Salah satu tips paling ampuh dalam mengatasi kemandekan prduktifitas adalah karena niat yang sudah mulai terlupakan. Niatkan menulis untuk berbagi pengalaman dengan pembaca atau orang lain agar mereka lebih terbantu dengan informasi Anda.

Dengan menyimpan niat menulis untuk berbagi Anda juga bakal merasa lebih nahagia dan bermanfaat untuk orang lain, jadi pekerjaan ngeblog Anda menjadi lebih bermakna.

5. Menjadwal Artikel Postingan

Dari tips di atas sudah disarankan untuk menyisihkan waktu khusus dan menulis setiap ide agar tidak terlupakan. Alhasil, dengan modal waktu luang serta ide yang berlimpah Anda tentu bakal lebih mudah dalam membuat banyak artikel sekaligus untuk dijadwalkan per dua hari atau empat hari sekali. Dengan begitu, blog Anda akan terlihat lebih up to date di mata pembaca maupun mesin pencari.

6. Menulis di Sela-sela Kesibukan

Jika Anda tidak bisa meluangkan waktu khusus diluar pekerjaan untuk mengeksekusi ide serta menulis banyak artikel sekaligus, maka solusinya adalah dengan mencuri waktu di sela-sela kesibukan. Anda bisa menulis dalam bentuk draft langsung di dashboard text editor WordPress atau blogger.com ketika sedang menunggu antrian di bank, ketika selesai istirahat makan siang, atau disaat sebelum tidur seperti apa yang saya lakukan.

Ketika menerapkan tips ini artikel tulisan Anda memang akan terpotong-potong karena dikerjakan dalam waktu berlainan, tapi masalah tersebut bisa diminimalisir dengan konsep penulisan ide paragraf di awal lalu baru dikembangkan untuk menghasilkan susunan kalimat utuh yang tidak kurang satu apa pun.

Penutup
Bagaimanapun juga proses kreatif seperti menulis blog memang tidak bisa dipaksakan jika ingin mendapatkan hasil maksimal. Namun, jika kita sendiri sejak awal sudah memiliki tekad kuat maka seharusnya aktivitas update postingan entu sudah bukan lagi menjadi masalah karena pasti selalu ada jalan dan waktu luang yang bisa disisihkan.

Menurut Anda sendiri bagaimana? Apakah ada yang memiliki tips lain untuk mengatasi produktifitas menulis di tengah kesibukan?

Demikianlah akhir dari penuturan terkait artikel tips rajin ngeblog meski kondisi sedang sibuk. (Sumber)

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tips Agar Tetap Rajin Ngeblog Walau Sibuk

Post a Comment

 
Copyright © SEO Maxima. All rights reserved.
Template by CB Blogger