Blog sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Blog bagi Guru dan Murid
CB Blogger | May 19, 2020
Menurut Bruner sebagaimana dikutip Darsono ada tiga tingkatan modus belajar yaitu:
- Pengalaman abstrak (symbolic),
- Pengalaman piktorial gambar (iconic),
- Pengalaman langsung (enactive).
Pengalaman langsung (enactive) adalah mengerjakan, misalnya arti kata “lingkaran” dipahaminya langsung dengan menggambar atau membuat lingkaran.
Pada tingkatan dua atau iconic (gambar/image), kata lingkaran dipahaminya dengan melihatkan foto, lukisan, gambar atau film.
Manfaat Blog bagi Guru dan Murid
Manfaat blog bagi guru antara lain:- Sebagai bukti portofolio terkait profesionalitasnya,
- Pengembangan proses belajar yang bervariatif
- Sebagai media ajarnya dan pembelajaran
- Tempat berdiskusi
- Berbagi informasi dan berkomunikasi (Muhammad Adri, 2008:12).
Relative murah biayanya dan bisa menembus ruang serta mengembangkan jaringan lebih luas antar guru merupakan keunggulan blog.
Guru melalui blog dapat menuangkan gagasan atau idenya, menampilkan materi pelajarannya yang bisa diunduh siswa, tauttan link sebagai rujukan, memberikan tugas dan evaluasi belajar.
Blog tersedia aplikasi komentar memberikan kemudahan akan interaksinya antara siswa
dan guru. Guru dapat juga ”menularkan” ngeblog kepada siswa-siswa sebagai aktivitasnya.*
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »
0 komentar on Blog sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Blog bagi Guru dan Murid
Post a Comment